Sekilas GarageBand VS Logic Pro

Sekilas GarageBand VS Logic Pro

Di artikel sebelumnya saya sudah menyebutkan bahwa GarageBand adalah sebuah DAW yang berfungsi penuh meskipun GarageBand adalah aplikasi yang gratis. 

Ok, jadi GarageBand adalah aplikasi gratis, berfungsi penuh, dan memiliki aneka fasilitas.
So, what's the catch?

Proses Perekaman

Meskipun menurut saya GarageBand sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan saya, namun bisa dibilang bahwa GarageBand adalah Logic Pro yang "dipangkas". Satu hal yang langsung terasa adalah GarageBand melakukan perekaman yang one take, one shot. Kalau tidak sukses, ya tinggal merekam ulang,

Sementara di Logic Pro, kita bisa melakukan perekaman beberapa kali di satu track, untuk kemudian memilih hasil rekaman mana yang terbaik untuk kita pakai. Tapi itu akan dibahas di artikel lain. 
Pertanyaannya adalah, "apakah kita sudah butuh cara perekaman seperti yang disediakan LogicPro?"
Saya memiliki pengalaman melakukan recording dengan Tascam 4 track dengan media kaset, melakukan rekaman 24 track dengan "kemewahan" punch-in dan punch-out, lalu menggunakan Cakewalk di Windows di era digital. Dan pengalaman itu membuat saya merasa bahwa garageBand sudah sangat mencukupi untuk saya, dan saya yakin untuk anda juga.

Kita tinggal install, dan secara intuitif kita tanpa disadari telah membuat sebuah rekaman (sehancur apapun itu).

Harga

Silahkan bandingkan GarageBand yang gratis dengan Logic Pro di bawah ini:


Untuk harga Logic Pro X terkini, Anda bisa cek di sini.
Bila Anda merasa Logic Pro adalah sebuah "overkill" seperti yang saya rasakan, silahkan download GarageBand di sini.

Plug-Ins

Meskipun keduanya sudah dilengkapi dengan berbagai built-in effects hingga simulator amplifier, namun tidak ada salahnya untuk menginstal berbagai plug-ins untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dan tersedia banyak sekali plug-ins untuk Logic Pro.

Kabar gembiranya adalah semua plug-ins Logic Pro yang pernah saya coba bisa berfungsi di GarageBand. Jadi...?

Logic Remote

Logic Remote memungkinkan kita untuk mengatur Logic Pro dan GarageBand secara... remote. Kita bisa mengontrol mixer, melakukan perekaman di komputer kita melakui iPhone atau iPad.
Ini sangat membantu saya karena posisi meja saya yang menempel pada tembok mengganggu posisi saya ketika bermain gitar, dan saya jarang sekali bermain gitar secara duduk. 

Kesimpulan 

GarageBand sudah sangat mencukupi untuk sebuah proyek rumahan, seperti upload ke SoundCloud. Dan karena dapat bekerjasama dengan baik dengan iMovie, iTunes, Final Cut Pro X, dan produk native Apple lainnya, GarageBand bisa menghasilkan suara yang baik untuk video YouTube dan lain-lain.
Bagaimana pendapat Anda yang juga pemakai GarageBand dan Logic Pro, apakah ada perbandingan lain yang seharusnya ada di daftar ini?



Comments